Dampak Corona, Ada 5 Hal yang Akan Hilang di Ramadan 2020


Corona bakal bikin kamu kangen sama hal-hal ini ketika Ramadhan nanti.

Iklan sirup Marjan sudah mulai tayang, tandanya Ramadhan segera datang. Namun, dengan adanya pandemi ini, pastinya Ramadhan akan terasa berbeda.

Pandemi ini sudah membatasi banyak hal dari kegiatan keseharian kita. Sementara kita harus menjaga diri dan orang lain supaya tidak tertular, pastinya ada banyak hal yang akhirnya tidak disarankan untuk dilakukan.

Dari sini, akan ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan seperti pada Ramadahan sebelumnya. Beberapa kegiatan ini pasti akan membuat kita merasa kehilangan.

1. Sahur on the road

Tahun sebelumnya ada beberapa acara sahur on the road. Bangun pagi harus dan berkumpul untuk melalukan sahur dan shalat subuh bersama merupakan hal yang tidak kalah seru. Beberapa melakukannya sambil membagikan sahur gratis untuk kaum dhuafa. Namun tahun ini kemungkinan kegiatan yang sama tidak bisa lagi dilakukan. Kita pun terpaksa harus sahur #dirumahsaja.

2. Kajian sebelum berbuka

Kegiatan kajian yang biasanya dilangsungkan setiap hari selama bulan Ramadhan sepertinya juga tidak bisa dilakukan. Kebiasaan berkumpul mendengarkan siraman rohani ini memang tidak dianjurkan untuk mencegah penularan coronavirus. Beberapa kajian masih akan tetap dilakukan, namun menggunakan sistem online atau melalui sosial media.

3. Berburu takjil

Berbuka puasa tidak akan lengkap tanpa takjil. Ada beberapa jenis makanan atau minuman takjil yang hanya "muncul" ketika Ramdhan tiba. Namun kali ini mungkin tidak akan banyak penjual takjil yang berani membuka lapaknya karena pandemi. Kamu mungkin akan kehilangan keasyikan berburu takjil kesukaanmu.

4. Buka puasa bersama

Masih inget jokes " buka puasa bersama yang jatohnya cuma wacama? ". Well, tahun ini buka puasa bersama bakal jadi cuma wacana. Semenjak diberlakukannya pembatasan sosial, kegiatan berkumpul juga ikut dilarang. Tahun ini, betapapun kita ingin reuni sambil berbuka, sepertinya tidak lagi disarankan untuk dilakukan.

5. Tarawih berjamaah

Tarawih merupakan ibadah yang spesial dilaksanakan setiap Ramadhan. Namun tahun ini kegiatan ini disarankan tidak lagi dilakukan secara massal di masjid, namun tetap bisa dilakukan di rumah. Padahal terkadang kegiatan inipun paling ditunggu untuk dilaksanakan bersama keluarga dan teman.


Pandemi ini memang membawa keprihatinan, namun kita harus kembali kepada semangat dan optimisme Ramadhan. Semoga dengan adanya pembatasan ini, kita semua bisa lebih khusu' dalam beribadah dan berdoa agar semua cobaan ini segera berakhir.


Dapatkan info terkini soal COVID19 di web https://covid19.kemkes.go.id/