Cara asyik merayakan Eid di tengah pandemi coronavirus


Lebaran kali ini bisa dirayakan dengan gaya berbeda.


Eid kali ini mungkin terasa berbeda karena kebijakan social distancing serta pelarangan mudik. Terasa jauh dari keluarga pada suasana yang sakral ini memang bukan yang diinginkan oleh semua orang. Namun kita ternyata bisa merayakannya dengan cara baru yang lebih seru.

1. Melakukan video call

Berkumpul secara fisik memang dilarang, namun secara virtual boleh-boleh saja. Memanfaatkan kemajuan teknologi, kita bisa menggunakan Zoom atau Google Hangout untuk saling berucap salam dan bertukar maaf ketika lebaran. Selain bisa menyambung silaturahmi secara virtual, kita juga bisa saling melindungi dengan memutus rantai penularan coronavirus.

2. Bertukar kue lebaran

Ketika lebaran, kamu pasti akan kangen kue kering buatan tante atau bolu buatan nenek. Namun adanya larangan mudik dan pembatasan jarak mungkin akan membuatmu kesulitan untuk mencicipinya. Tenang, kamu bisa gunakan jasa kirim atau ojol untuk mendapatkan cemilan lebaran kesukaanmu. Dengan begitu suasana lebaran tetap bisa dirasakan meskipun tidak bertemu.

3. Membagi angpau virtual

Nah, buat para pemburu salam tempel, jangan sedih dulu. Kebiasaan mendapat uang baru yang masih mulus tentunya tidak bisa lagi dilakukan. Apalagi uang kertas di beberapa negara disinyalir sudah menjadi salah satu media penularan coronavirus. Kita bisa minta paman, bibi, kakek dan nenek untuk mengirimkan angpau virtual lewat dompet digital. Tinggal pilih saja, mau dana, gopay, ovo, linkaja, atau lainnya.

4. Bertukar meme lebaran

Grup WA keluarga tentunya sarana yang tepat untuk bertukar salam. Dengan membuat meme lebaran dengan foto pribadi atau keluarga, kamupun masih bisa berbagi kebahagiaan dengan seluruh keluarga besar. Buat meme yang paling unik, atau stiker yang menarik, niscaya lebaran akan tetap terasa ceria.


Memang cara ini mungkin tidak akan terasa sama dan dekat seperti lebaran yang sebelumnya. Tapi, apa salahnya bila dicoba. Selamat mempersiapkan hari lebaran!