Nonton Drama Korea Reply 1988 Sub Indo, Kisah Hangatnya Keluarga dan Persahabatan


Rasanya kita semua dibuat ingin tinggal bertetangga dengan mereka.

Bagi penonton "Record of Youth" pasti merasakan sensasi deja vu karena reunian Park Bo Gum dan Hyeri. Bagi yang belum tau, mereka berdua sempat menuai kehebohan karena aktingnya di drama korea Reply 1998 (응답하라 1988) yang sampai sekarang masih menjadi favorit banyak orang.

Salah Satu Drama Korea Terbaik Karya Shin Won Ho

Sutradara Reply 1998, Shin Won Ho membalut dengan apik cerita kebersamaan lima sahabat yang tumbuh bersama di sebuah gang di daerah Ssangmundong, Seoul. Kisah ini mengambil latar waktu akhir tahun 1980 an.

Kisah ini dikabarkan terinspirasi dari drama “Three Families Under One Roof,” yang sempat tayang dari tahun 1986 hingga 1994. Lewat Reply 1998, Shin Won Ho suskses membuat penonton ikut menangis dan tertawa mengikuti adegan demi adegan di setiap episodenya. 

Sinopsis Drama Korea Reply 1988


Lima orang remaja yang datang dari latar belakang keluarga yang berbeda, yaitu Kim Jung Hwan (diperankan oleh Ryu Jun Yeol) seorang anak orang kaya baru bersahabat dengan si murid teladan Sung Sun Woo (diperankan oleh Go Gyung Pyo), si anak kepala sekolah yang nyentrik Ryu Dong Ryong (diperankan oleh Lee Dong Hwi), si master baduk yang polos Choi Taek (Park Bo Gum) dan satu-satunya anak wanita dalam kelompok Sung Deok Sun (Hyeri) menjalani hari-harinya bersama-sama.

Dalam drama sepanjang 20 episode, terungkaplah berbagai cerita dari masing-masing tokoh beserta beberapa drama yang mereka lalui bersama di Ssangmundong.

Perjalanan cerita ini dimulai pada tahun 1988, dimana Deok Sun, Jung Hwan, Sun Woo, Dong Ryong dan Taek tumbuh bersama sedari kecil. Mereka menjadikan kamar Taek sebagai tempat berkumpul dan menghabiskan waktu luang bersama.

Deok Sun yang selalu ceria berasal dari keluarga miskin yang tinggal di ruang bawah tanah rumah Jung Hwan. Keluarganya menjadi sangat miskin setelah ayahnya tertipu oleh teman yang menggunakan namanya untuk berhutang dalam jumlah yang besar. Keluarganya pun melewati hari-hari yang ramai dengan keributan, terutama antara ia dengan Bo Ra (diperankan oleh Ryoo Hye-Young), kakaknya yang sangat pintar.

Sementara Jung Hwan yang sangat menggemari sepak bola mulanya juga berasal dari keluarga yang sangat miskin. Namun berkat adiknya yang agak sedikit aneh dan perfeksionis, keluarga itu memenangkan lotere dan menjadi kaya dalam waktu satu malam. Keluarga kocak ini juga ramai oleh cerita sang ayah yang terlampau irit dan sang ibu yang bawel namun sangat dermawan.

Lain dengan Sun Woo si anak piatu yang menjadi murid telada di sekolahnya. Sun Woo menjadi figur anak lelaki yang sangat diandalkan oleh ibu dan adik perempuannya. Di balik sikapnya yang kalem, ia menyimpan kerinduan yang besar terhadap ayahnya. Apalagi, ketika sering kali neneknya memaksa untuk menyerahkan ia dan adiknya karena sang ibu dinilai tidak bisa menafkahi karena kondisinya yang terlampau miskin setelah sang suami meninggal.

Sementara si konyol Dong Ryong adalah anak tunggal sang kepala sekolah dan ibu yang sibuk sehingga terkenal dengan bekal mie instan ramennya. Ia sangat gila dengan tarian dan juga teorinya tentang wanita cantik dan pergaulan terkini. Posisinya sebagai anak tunggal dengan tuntutan ayahnya yang perfeksions menjadikannya sangat dekat dengan keempat sahabatnya.

Terakhir adalah Taek yang akhirnya putus sekolah setelah menemukan jalan hidupnya sebagai pemain baduk (go). Ia menjadi sangat terkanal dan masuk ke kejuaraan internasional baduk karena keahliannya. Namun dibalik aura cool dan misterius ketika bertanding, sifat Taek yang tertutup dan pendiam membuat teman-temannya gemas sekaligus berusaha ingin melindunginya. Taek yang memiliki trauma masa kecil karena kehilangan sosok ibu menjadikan teman-temannya sebagai teman belajar untuk mengeluarkan ekspresi dikarenakan ayahnya pun sama tidak ekspresifnya seperti Taek.

Link Nonton Drama Korea Reply 1988 Sub Indo 

Reply 1998 adalah salah satu Kdrama paling hits karena jalan ceritanya yang hangat dan (pastinya) menguras air mata. Dikemas dengan apik, kisah perjalanan sebuah lingkungan dengan berbagai suka dukanya membuat hati kita hangat sekaligus tertawa karena komedi yang selalu berusaha disisipkan. Menjadi wajar jika Reply 1998 menjadi salah satu drama yang direkomendasikan untuk ditonton oleh banyak orang.

Untuk menonton drama korea Reply 1988 Sub Indo ini kamu bisa memilih beberapa link streaming berikut. Selamat menonton!