Cara Pakai Retinol untuk Pemula, Terapkan Tips Ini Agar Kulit Tidak Iritasi

styleeid tips penggunaan krim retinol

Pengguna retinol harus memperhatikan hal berikut agar kulit tidak iritasi.

Memiliki wajah yang awet muda dan bebas dari tanda-tanda penuaan adalah impian semua orang. Baru-baru ini banyak influencer kecantikan yang merekomendasikan penggunaan retinol sebagai bagian dari tahapan perawatan kulit. 

Namun untuk kita yang masih pemula, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk menggunakan retinol pertama kali.

Mengenal Apakah Sebenarnya Retinol

Retinol dikenal sebagai bahan aktif yang bisa merawat keremajaan kulit. Bukan tanpa sebab, ternyata retinol adalah bahan aktif turunan dari vitamin A yang ampuh untuk melawan tanda-tanda penuaan. Cara kerja retinol adalah dengan mempercepat regenerasi kulit di lapisan terdalam, merangsang produksi kolagen dan mengurangi pegmentasi. 

Namun seperti bahan kimia lainnya, retinol juga memiliki efek samping seperti iritasi, purging, kemerahan, atau mengelupas. Hal inilah yang perlu kita perhatikan ketika akan memulai penggunaan retinol. 

Usia Yang Tepat untuk Menggunakan Retinol

Mitos yang beredar seputar penggunaan retinol salah satunya adalah senyawa ini khusus untuk orang tua, atau diatas usia 30an. Mitos ini tidak sepenuhnya benar, karena sebetulnya kita bisa mulai menggunakan retinol setelah usia 20an.

Hal yang perlu diperhatikan ketika memulai penggunaan sejak dini adalah dosis dan cara penerapannya. Sebaga zat aktif, retinol memang memiliki banyak manfaat. Namun ada baiknya kita berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kecantikan.


Panduan Pemakaian Retinol Sehari-hari untuk Pemula

Sebelum menerapkan rutinitas penggunaan retinol, pastikan kita sudah menerapkan 4 langkah skincare selama beberapa bulan sebelumnya. 4 langkah skincare tersebut adalah cleansing, toning, moisturize dan protecting. Kita bisa membiasakan double cleansing sebelum memulai rangkaian skincare, dilanjutkan dengan pemakaian toner sesuai dengan kebutuhan kulit. Setelah itu, kita terapkan pelembab diikuti dengan sunscreen.

Setelah terbiasa dengan 4 tahapan ini, maka kita bisa mulai "menyelipkan" penggunaan retinol secara bertahap dengan memperhatikan langkah berikutnya. Untuk pemula, kita bisa memulai menggunakan skincare dengan kandungan retinol rendah terlebih dahulu. Pilih skincare dengan kandungan retinol mulai dari 0,25 % - 2 % yang banyak dijual bebas di pasaran.

Cara Pemakaian Retinol untuk Pemula

Meskipun retinol memiliki efek yang baik untuk keremajaan kulit, kita harus tetap memperhatikan aturan ketika akan mulai menggunakannya. Beberapa ahli kecantikan merekomendasikan untuk menggunakan retinol secara bertahap untuk pemula. Salah satu cara memakai skincare retinol untuk pemula adalah dengan menerapkan dosis bertahap selama 4 minggu.

Minggu Pertama 

Kita terapkan dosis 1:3. Campurkan produk retinol seukuran 1 biji jagung dengan 3 bagian moisturizer. Kita gunakan maksimal 2 kali seminggu dengan jeda 2-3 hari. 

Minggu Kedua

Kita terapkan dosis 2:2. Campurkan produk retinol seukuran 2 biji jagung dengan 2 bagian moisturizer. Kita gunakan maksimal 2-3 kali seminggu dengan jeda 2-3 hari.

Minggu Ketiga

Kita terapkan dosis 3:1. Campurkan produk retinol seukuran 3 biji jagung dengan 1 bagian moisturizer. Kita gunakan maksimal 2-3 kali seminggu dengan jeda 2-3 hari.

Minggu Keempat

Jika selama tiga minggu pemakaian tidak ada tanda-tanda seperti iritasi, purging, kemerahan, atau mengelupas, maka kita bisa menggunakannya secara normal. Kita bisa menerapkan 1 bagian produk retinol seukuran 1 biji jagung langsung ke kulitmu, sebelum memakai moisturizer. Kita gunakan 2-3 kali seminggu dengan jeda 2-3 hari.

Nah, sekarang kita sudah tau tips penggunaan retinol untuk pemula. Yuk, mulai rawat keremajaan kulit dengan produk retinol kesayangan kita!