Cara Pakai Produk dengan Kandungan AHA, BHA dan PHA dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah

Benarkah klaim produk skincare dengan kandungan AHA, BHA, dan PHA bisa bikin kulit glowing?

Styleeid - Saat ini, ada banyak produk perawatan wajah atau skincare termasuk yang memiliki kandungan AHA, BHA, dan PHA. 

Berbagai produk skincare ini memiliki klaim bahwa kandungan AHA, BHA, dan PHA yang terdapat di dalamnya berguna untuk mengeksfoliasi kulit.

Sebelum menggunakannya, tentu saja pemakai perlu mengetahui bagaimana cara kerja AHA, BHA dan PHA.

AHA, BHA dan PHA memang merupakan jenis eksfoliator kimia yang digunakan untuk membersihkan kulit. 

Kandungan tersebut bekerja dengan cara mengelupas sel mati yang membuat kulit bersih dan terlihat lebih cerah. 

Pemakaian AHA, BHA dan PHA yang sesuai dengan anjuran bisa memberikan manfaat yang maksimal.

Cara Pakai Produk Skincare dengan Kandungan AHA, BHA dan PHA

Kandungan AHA, BHA, dan PHA yang ditemukan dalam berbagai jenis produk perawatan kulit atau skincare sebenarnya aman untuk digunakan. 

Namun kita harus tahu bagaimana cara penggunaannya agar memberi hasil maksimal dan juga menghindari iritasi.

Cara pemakaian produk dengan kandungan AHA, BHA, dan PHA tergantung dari jenis produk yang digunakan, misalnya jenis pelembab, toner, atau peeling solution. 

Untuk toner, produk digunakan setelah membersihkan muka dan dilanjutkan dengan produk lainnya yang bisa melembabkan kulit. 

Sementara itu, produk AHA, BHA, dan PHA peeling solution biasanya harus dibilas setelah 10 menit pemakaian atau tergantung dari petunjuk penggunaan setiap produk.

Manfaat Produk Skincare dengan Kandungan AHA, BHA dan PHA

Manfaat umum dari AHA, BHA, dan PHA adalah untuk eksfoliasi kulit yang menyebabkan kulit kusam. Namun, masing-masing kandungan memiliki manfaat yang berbeda-beda.

  1. AHA atau Alpha Hydroxy Acid lebih berfokus untuk mengurangi kerutan, garis-garis halus, dan keriput kulit. Hal ini dikarenakan AHA memiliki agen antioksidan dan anti-ageing yang efektif.
  2. BHA atau Beta Hydroxy Acid memiliki manfaat untuk membuka pori yang tersumbat dan membersihkan sebum berlebih. Kandungan ini digunakan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.
  3. PHA atau Poly Hydroxy Acid memiliki manfaat sebagai sumber antioksidan, meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit lainnya, dan melembabkan kulit. Kandungan ini digunakan untuk pengelupasan kulit pada permukaan

Contoh Produk Skincare dengan Kandungan AHA, BHA dan PHA 

Ada banyak contoh produk yang menggunakan bahan AHA, BHA, dan PHA sebagai kandungan utamanya. 

Beberapa contoh produk perawatan kulit dengan kandungan AHA, BHA, dan PHA adalah:

1. Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner

Produk perawatan kulit lokal merk Somethinc memiliki toner eksfoliasi yang aman digunakan setiap hari. 

Somethinc Glow Maker mengandung AHA, BHA, dan PHA dengan persentase yang rendah dan bisa juga digunakan oleh pemilik kulit sensitif. 

2. Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution

Sebelum mengeluarkan toner eksfoliasi, Somethinc juga sudah lebih dahulu mengeluarkan produk peeling solution. 

Berbeda dengan toner dengan kandungan yang rendah, peeling solution ini mengandung persentase yang lebih tinggi dan bisa digunakan 1-2 kali setiap minggu.

3. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Sebelum istilah eksfoliasi marak digunakan seperti saat ini, Some By Mi yang merupakan brand dari Korea sudah terlebih dahulu mengeluarkan produk eksfoliasi yang banyak disukai oleh penggemar skincare. 

Selain toner, terdapat produk lainnya seperti pelembab dan serum.

Sebelum menggunakan produk eksfoliasi, sebaiknya gunakan produk dengan kandungan persentase yang rendah terlebih dahulu. 

Bagi pemula dikhawatirkan kulit akan mengalami iritasi jika langsung mencoba tanpa tahu cara kerja AHA, BHA dan PHA untuk mengeksfoliasi kulit wajah.