Kamu Harus Tahu Manfaat Serum Niacinamide untuk Wajah Berjerawat


Serum niaciamide menjadi salah satu nutrisi untuk memerangi jerawat membandel


Jika kamu ingin mengetahui produk yang saat ini menjadi trending topic untuk mengatasi jerawat, kamu pastinya sudah pernah mendengar istilah niacinamide. Unsur vitamin B3 ini dikenal sangat baik bagi kesehatan kulit, terutama kulit wajah yang bermasalah. Secara alami kandungan ini terdapat pada produk makanan seperti daging ayam, daging ikan salmon, daging ikan tuna, serta sayuran hijau. Artinya, secara alami tubuh kita memang sudah menggunakan kandungan ini dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Tapi untuk kulit berjerawat, ekstra nutrisi dalam bentuk serum di klaim akan mempercepat sembuhnya jerawat dan membuat peradangan pada kulit mereda. Oleh karena itu banyak brand mulai mengembangkan serum dengan kandungan khusus niacinamide sebagai nutrisi kulit untuk memperbaiki kondisinya.

Bagaimana Manfaat Niacinamide bagi Kulit?

Niacinamide sesungguhnya bisa digunakan untuk berbagai jenis kulit. Namun khusus untuk kulit berjerawat, niacinamide dianggap sangat baik karena tidak menimbulkan efek samping. Niacinamide bisa membantu mengurangi peradangan, sehingga  bengkak karena jerawat bisa cepat kempes. Selain itu, niacinamide juga bisa membantu mencegah jerawat muncul kembali dengan mengatur produksi minyak wajah.

Sebagai kandungan khusus pada skincare, niacinamide sangat membantu dalam mengatasi bekas jerawat. Kandungannya membantu memudarkan noda hitam yang seringkali berbekas. Kandungan ini juga membantu kulit untuk menjaga kelembaban dan juga meringkas pori-pori supaya muka tetap halus dan kenyal. Maka, tidak heran jika banyak produk Niacinamide laku keras di pasaran.

Pilihan Serum dengan Kandungan Niacinamide

Seperti yang sudah banyak dicoba para beauty blogger dan beauty vlogger, ada beberapa produk Niacinamide yang sangat diunggulkan dengan harga terjangkau. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah di toko kosmetik, drugstore, maupun online marketplace. Bagi kamu yang bosan dengan masalah jerawat, bisa mulai merawat kulit wajah dengan rekomendasi produk berikut.

1. The Ordinary - Niacinamide 10% + Zinc 1%

Serum The Ordinary mengkombinasikan Niacinamide 10% dengan manfaat Zinc 1% untuk mengendalikan jumlah sebum pada kulit. Meskipun Niacinamide dan Zinc PCA yang digunakan di klaim mampu mengurangi tampilan noda dan menyeimbangkan kadar sebum, The Ordinary menekankan bahwa serum ini bukanlah obat khusus untuk jerawat. Untuk kondisi kulit  berjerawat, The Ordinary merekomendasikan Benzoil Peroksida dan / atau Asam Retinoat. The Ordinary juga tidak merekomendasikan penggunaan bersamaan dengan produk dengan kandungan BHA.

2. Somethinc - Niacinamide + Moisture Beet


Somethinc memiliki tampilan kemasan mirip dengan The ordinary, tapi secara formula memiliki sedikit perbedaan. Untuk kandungan niacinamide memiliki manfaat hampir sama, yaitu meningkatkan fungsi penghalang dengan meningkatkan produksi ceramide. Sementara tambahan formula yang berasal dari Beetroot menambahkan manfaat untuk melawan radikal bebas & melembabkan kulit.

3. Cos De BAHA - Niacinamide 10% + Zinc 1% 


Cos De BAHA Serum Niacinamide 10% ini di klaim bekerja secara aktif meratakan warna kulit sekaligus mengatasi jerawat. Kandungannya dapat menenangkan kulit yang teriritasi akibat jerawat. Dengan memberi nutrisi pada kulit, serum ini juga meminimalkan kemerahan atau noda pada kulit sambil mengurangi tampilan hiperpigmentasi untuk membuat kulit terlihat muda dan bercahaya.

4. Facetheory Porebright N10 -10% Niacinamide

Facetheory Porebright N10 adalah salah satu produk yang direkomendasikan untuk para vegan. Porebright N10 di klaim dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi pigmentasi,  kemerahan, serta penuaan kulit wajah. Kandungan niacinamide dapat mengurangi luka bengkak pada jerawat. Tambahan komposisi asam azelaic yang  berasal dari wheat, rye and barley memberi manfaat anti-inflamasi dan anti-bakteri memungkinkannya untuk mengecilkan pori-pori dan mengatasi jerawat yang tersumbat. Penelitian juga menunjukkan bahwa aplikasi topikal asam azelaic dapat mengurangi hiperpigmentasi.