Mengenal Fitur Baru Instagram Guides, Konten Kreator dan Marketer Wajib Tau!

 

Akhirnya kedua fitur ini bisa kamu temukan di Instagram versi terbaru.


Lalu, apa sih sebenarnya fungsi fitur Instagram Guides?

Dilansir TechCrunch, fitur Instagram Guides adalah fitur Instagram terbaru yang didesain untuk membantu kontent kreator dan marketer membagi kurasi konten baik foto maupun video dengan judul dan caption yang agak panjang. 

Jika dikomparasi fitur ini mirip seperti mini blogpost yang berisi kurasi pilihan dari rangkaian foto maupun video. Sama seperti beberapa fitur lainnya, Instagram Guides bisa dibagikan melalui Story dan Direct Messages.

Sebelumnya fitur Guides sudah diluncurkan untuk membantu para konten kreator menyampaikan informasi seputar kesehatan mental dan keseharian di masa pandemi COVID-19. 

Namun setelah dikembangkan kembali, fitur ini mulai bisa diakses oleh para pengguna di beberapa negara seperti Kanada, AS, Inggris, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia, serta secara bertahap juga akan dirilis di sejumlah negara lainnya.

Dengan kategori seperti Products, Places dan Posts akan memungkinkan para kreator dan marketer untuk membuat Product Guides yang bisa membantu memaksimalkan Instagram Shop.



Fitur Instagram Guides dapat diakses lewat tombol plus di bagian kanan atas halaman profilmu. Kemudian pada bagian bawah terdapat ikon menyerupai buku dengan tulisan Guide yang bisa kamu pilih. Dari sana, kamu akan diberi pilihan Places untuk merekomendasikan tempat, Produk untuk merekomendasikan produk, dan Posts untuk merekomendasikan postingan yang kita buat atau simpan dengan headline atau judul yang bisa disesuaikan.

Supaya nggak penasaran, simak preview fiter terbaru Instagram Guides berikut!


Tingginya ketergantungan terhadap media sosial selama pandemi menjadi momen Instagram untuk jor-joran dalam mengeluarkan fitur terbaru di tiap versi pembaruan aplikasinya. Dilansir oleh NapoleonCat, sebelumya sudah ada 13 fitur terbaru Instagram yang diluncurkan secara global sejak awal tahun 2020 yaitu:
1. Suggested posts
2. Stickers untuk Story
3. Posting ke multiple accounts
4. Instagram Story notifications terbaru
5. Create Story template
6. IGTV Preview
7. Instagram Dark Mode
8. Instagram inbox organization
9. Suggested unfollow
10. Remove followers
11. Instagram Alt text
12. Restrict accounts
13. Age limit

Adopsi Instagram dalam memanjakan para penggunanya tak lepas dari segi kompetitif aplikasi jejaring sosial, sekaligus dari segi fungsionalitas pengguna terutama yang terkait dengan kebutuhan para konten kreator dan konten marketing. Jadi untuk kamu para influencer, konten kreator, digital marketing, maupun admin online shop harus siap untuk memaksimalkan fitur ini di masa mendatang.