Menjadi Seorang K-Pop Fans Sejati Terbukti Mahal Banget, Bisa Habis Jutaan Rupiah!

Penelitian ini membuktikan "mahalnya" menjadi seorang K-Pop Fans.

 Dilansir dari laman koreaboo.com, salah satu penelitian dari iPrice group, sebuah e-commerce aggregator, telah membuktikan betapa mahalnya untuk menjadi seorang K-Pop fans.

Dalam penelitian ini iPrice memetakan perilaku pembelian fans dari tiga K-pop groups berbeda yaitu Twice, BLACKPINK dan BTS.

Dari hasil penelitian tersebut, terungkap tiga fans K-Pop group yang menghabiskan uang paling banyak dibanding dengan fans K-Pop group yang lain.

Hasil dari survey tersebut memang sangat mengejutkan.Menurut penelitian iPrice tersebut, BTS menjadi urutan nomer satu dari fans yang menghabiskan uang paling banyak.

Seorang ARMY rata-rata akan menghabiskan sekitar $1422 USD atau Rp 20 jutaan, baik untuk menonton konser atau membeli berbagai merchandise dan albums dari boyband kesukaannya tersebut.

Dengan uang tersebut, setidaknya rata-rata ARMY bisa mengoleksi 15 studio albums/EPs dan menyambangi setidaknya 5 concerts selain mengoleksi berbagai merch. 

Posisi berikutnya disandang oleh girlband TWICE! dengan kisaran pengeluaran para fans yang bisa dibilang tidak sedikit.

Rata-rata para ONCEs menghabiskan $824 USD atau sekitar Rp 11 jutaan untuk menonton konser, membeli album, atau sekadar mengoleksi merchandise K-Pop group ini.

Di posisi ketiga tentunya ada BLACKPINK, girlband yang sedang menaiki tangga kepopulerannya ini juga sukses untuk membujuk fans mengeluarkan uang yang tidak sedikit. 

Setiap BLINKS rata-rata bisa menghabiskan sekitar $665 USD atau Rp 9 jutaan untuk membeli berbagai items yang identik dengan K-Pop group pujaan mereka.

Hasil ini ternyata tidak terlalu mengejutkan, karena jauh sebelumya, Super Junior telah lebih dulu memecahkan rekor pembelian tebesar oleh fanbase mereka, Elf, yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

BusinessWorld melansir bahwa Elf setidaknya menghabiskan lebih dari $1,000  baik untuk menonton koser, membeli album dan mengoleksi merch.

Berbagai statistik pun mengemukakan bahwa salah satu pendapatan terbesar dari Korea Utara adalah dari berbagai penjualan benda berbau K-Pop, baik yang resmi maupun hasil kolaborasi dengan berbagai brand.

Jadi memang sejak dulu menjadi seorang fans dari K-Pop group atau idols memang tidak pernah murah.

Kalau kamu, sudah berapa banyak uang yang sudah kamu habiskan untuk mengoleksi merch biasmu?